Cara Menggendong Bayi Dengan Posisi yang Tepat dan Nyaman

01.32 Sudut Warna 0 Comments

Mempunyai bayi adalah hal yang paling dinanti dan tak terhingga nilainya. Bayi merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada Anda. Oleh karena itu, sudah semestinya kita selalu menjaga dan memberikan yang terbaik untuknya. Saat baru lahir membutuhkan langkah-langkah yang tepat dalam merawatnya, termasuk cara menggendong bayi haruslah benar dan membuatnya nyaman. 
foto:solusisehatku.com

Menggendong juga sebagai jembatan untuk mempererat ikatan si bayi dengan ibu atau orang sekitarnya. Ketika menggendong bayi baru lahir, yang paling penting dilakukan adalah selalu menopang kepala serta lehernya. Sebab, di usai 1-2 bulan, bayi belum mampu mengangkat kepalanya dengan baik. Ikuti langkah-langkah di bawah ini saat menggendong bayi.

Inilah cara menggendong bayi yang aman
Menimang
Pertama, ambillah si kecil yang berbaring secara perlahan dan hati-hati. Tempatkan salah satu tangan di bawah leher dan kepalanya. Sedangkan tangan yang satunya lagi tempatkan di bokong atau pantatnya. Angkatlah badannya dan sesuaikan sampai dia merasa nyaman. 

Menggendong dengan memeluk
Cara menggendong bayi untuk menyusui adalah sambil memeluknya. Pakailah satu tangan untuk menyangga kepala dan leher, tangan yang lain untuk mengangkat pantatnya. Posisi bayi sejajar dengan arat tubuh Anda. Kemudian, tempatkan kepala bayi di bagian dada. Buatlah dia merasa nyaman dalam mendengarkan detak jantung ibunya.

Menggendong posisi bayi tengkurap
Ketika bayi Anda rewel, cobalan untuk menggendong dengan posisi tengkurap. Bagian kepala dan leher di satu lengan bagian dalam, sedangkan ujung telapak tangan digunakan untuk menopang tubuh bayi bagian bawah. Pastikan wajahnya tidak tertutup oleh tangan atau bajunya. Tepuk-tepuklah perlahan agar tangisannya berhenti dan dia tenang. 

Pada waktu menggendong untuk menyusui Anda bisa memberikan penyangga lainnya yang nyaman, seperti bantal kecil, selimut atau yang lainnya. Ketika mendekatkan bagian wajah bayi ke arah payudara, sebaiknya diperhatikan. Jangan sampai hidungnya tertutup, karena bisa saja bayi Anda susah bernapas dan itu akan memperburuk kesehatannya. 

Usahakan sebelum memegang bayi Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih atau cairan pembersih tangan. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah bayi Anda terinfeksi virus atau bakteri. Sebab, bayi yang baru lahir mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kurang sempurna. Nah, itulah cara menggendong bayi yang aman dengan posisi tepat dan nyaman untuk bayi.

0 komentar: