Kandungan dan Fungsi Lidah Buaya

18.25 Sudut Warna 1 Comments

Lidah buaya atau bahasa latinnya aloe vera ini merupakan jenis tumbuhan yang dikenal sejak lama sebagai penyubur rambut yang efektif. Orang jaman dulu sudah mengetahui fungsi lidah buaya dan sering digunakan untuk menyembuhkan luka dan perawatan kulit. Dulu tumbuhan ini ditemukan di kawasan kering Afrika. Tapi, kini lidah buaya sudah ditemukan dimana saja. 

Seiring majunya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat fungsi lidah buaya berkembang sebagai bahan baku kosmetik dan farmasi serta sebagai bahan alami dalam makanan dan minuman kesehatan. Lidah buaya termasuk 10 jenis tanaman terlaris di dunia dan sering dimanfaakan untuk obat-obatan dan bahan baku industri. Jadi, tak heran jika sekarang berbagai produk memiliki kandungan lidah buaya didalamnya. 
foto:manfaatsehat.id
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung enzim, mineral, asam amino, vitamin dan polisakarida serta komponen lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Menurut Wahyono E dan Kusnandar, fungsi lidah buaya bagi tubuh juga sebagai anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi dan membantu proses regenerasi sel.

Selain itu, lidah buaya pun berkhasiat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, menstimulasi kekebalan tubuh dan mengontrol tekanan darah. Bahkan sebagai nutrisi penting bagi penderita penyakit kanker dan HIV/ AIDS. Aloe emodin yang terkandung dalam lidah buaya merupakan senyawa organik dari kategori antrokuinon yang mampu mengaktivasi insulin sehingga bisa mengurangi kadar gula darah.

Tanaman aloe vera ini mengandung semua jenis vitamin terkecuali vitamin D. Sedangkan fungsi lidah buaya sebagai perawatan kulit adalah untuk menghilangkan bekas luka, mengurangi peradangan dan membantu proses peremajaan kulit. Asam folik yang terdapat di dalamnya bisa melindungi sistem imun tubuh yang sering juga terefleksi pada kulit. 

Di India aloe vera atau lidah buaya banyak dikonsumsi masyarakatnya baik untuk makanan ringan maupun kosmetik alami. Cara memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan komedo adalah dengan mengambil gelnya dan oleskan pada bagian yang ada komedonya. Penerapan lidah buaya secara rutin mampu menghaluskan kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan dini. Fungsi lidah buaya lainnya untuk wajah yakni melembabkan dan memberikan kesegaran pada wajah. 

Setelah mengatahui begitu banyak fungsi lidah buaya untuk tubuh, rasanya kurang optimal jika hanya dimanfaatkan untuk rambut saja. Mulailah memanfaatkan tanaman ini secara optimal untuk kesehatan tubuhmu. Jangan abaikan tanaman ini, apalagi jika terdapat pada halaman rumah kamu.

1 komentar: