6 Cara Mengatasi Cucian Piring Menumpuk Dengan Mudah & Efektif

16.21 Sudut Warna 0 Comments

foto:cucian piring liputan6.com

Melihat tumpukan piring kotor didapur memang sangat menjengkelkan. Biasanya, ini terjadi jika di rumah sedang ada tamu atau acara seperti selamatan, arisan dan pesta. Jika dibiarkan menumpuk begitu saja dalam waktu lama, selain terlihat jorok, juga dapat mengundang datangnya kuman dan penyakit. Oleh sebab itu, sebaiknya bereskan segera piring kotor dengan cara mencucinya. Agar pencucian piring berjalan lebih cepat dan hemat waktu, bisa menerapkan langkah atau cara mengatasi cucian piring menumpuk seperti berikut ini!

1.    Kumpulkan Peralatan Yang Sejenis
Ada banyak jenis peralatan dapur yang sering kita gunakan, mulai dari piring, cangkir, sendok, panci dan lainnya. Jika tumpukan cucian piring kotor dirumah terdiri dari beberapa jenis peralatan, maka sebaiknya kumpulkan peralatan tersebut dengan yang sejenis, misalnya kelompok piring atau panci-pancian. Ini akan memudahkan dalam menghemat waktu saat mencuci. Sebaiknya mulailah terlebih dahulu dari peralatan yang kecil seperti sendok, lalu lanjutkan dengan yang lebih besar hingga semua cucian piring kotor selesai dibasuh.

2.    Pisahkan Cucian Piring Yang Sangat Kotor
Terkadang, sebagian diantara tumpukan cucian piring kotor, ada yang sangat kotor dan berlemak. Untuk itu, pisahkan juga mana yang kotor dan agak bersih. Dahulukan untuk mencuci piring yang agak bersih untuk menghindari menempelnya lemak atau sisa makanan yang masih tersisa pada piring. Selanjutnya, barulah cuci piring yang sangat kotor.

3.    Siram Dengan Air Terlebih Dahulu
Ada baiknya menyiramkan air terlebih dahulu pada piring kotor sebelum dicuci menggunakan spon dan sabun cair. Hal ini untuk mengurangi kotoran yang masih melekat pada piring. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat penggunaan sabun cair pencuci piring.

4.    Gunakan Sabun Pencuci Piring Khusus
Jangan menggunakan sembarang sabun untuk mencuci piring! Gunakanlah sabun cair pencuci piring khusus karena kandungannya tentu berbeda. Pilih sabun cair pencuci piring yang mengandung antibakteri agar kuman-kuman pada piring bisa bersih tuntas.

5.    Bilas Dengan Air Bersih
Setelah selesai membasuh dengan sabun pencuci piring, maka bilas cucian piring menggunakan air bersih. Basuh hingga busa dan cairan sabun hilang dari piring atau hingga piring menjadi keset saat disentuh.

6.    Letakkan Pada Rak Khusus
Usai mencuci, langsung letakkan piring bersih pada rak khusus. Akan lebih baik jika rak tertutup. Susun peralatan dapur agar rapi dan terjaga kebersihannya. Nah, kini masalah cucian piring kotor bisa teratasi dengan mudah bukan?!
Semoga artikel mengenai cara mengatasi cucian piring menumpuk ini bisa bermanfaat untuk pembaca. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga tuntas.

0 komentar: