Sedang Mencari Produk Pendingin Ruangan Terbaik? Ketahui Perbedaan Air Conditioner dan Air Cooler

04.39 Sudut Warna 0 Comments


Perangkat pendingin ruangan saat ini memang menjadi produk yang banyak diincar oleh masyarakat. Meningkatnya suhu bumi karena fenomena global warming menjadi pemicu meningkatnya permintaan publik pada produk pendingin ruangan. Berkembangnya varian produk pendingin ruangan menjadi bukti bahwa perangkat ini laris manis di pasaran. Nah dua diantara produk pendingin ruangan yang sedang laris manis di pasaran adalah Air Conditioner (AC) dan air cooler. Dari sinilah maka Anda yang kebingungan ketika ingin membeli produk pendingin ruangan, harus mengetahui dan memahami perbedaan antara air cooler dan air conditioner. 

Persaingan air conditioner dan air cooler di pasaran memang terbilang sangat sengit. Bahkan begitu sengitnya ada yang mempertentangkannya dengan istilah air cooler vs air conditioner. Nah maka dari itu agar tidak salah pilih dan tidak salah beli, memahami bedanya air cooler dan air conditioner akan menjadi sesuatu yang penting untuk Anda. Untuk mengetahui perbedaan air cooler dan air conditioner ini kita bisa memulainya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. 

Kita mulai saja dari pembahasan kelebihan air conditioner. Produk yang sering disebut AC ini mempunyai beberapa kelebihan seperti  :

  •     Mempunyai kecepatan dalam mendinginkan ruangan dibanding produk lainnya.
  •     Udara dingin yang dihasilkan begitu terasa.
  •     Meskipun di tempatkan di ruang tertutup, air conditioner tidak akan memunculkan efek buruk kelembaban.
  •     Tidak perlu was-was untuk memantau stok air dingin, karena memang pada AC tidak dijumpai tangki.
  • Sementara itu untuk kelebihan air cooler yakni :
  •     Harganya lebih murah dan lebih terjangkau dibanding AC.
  •     Konsumsi listriknya lebih hemat dan tidak membebani iuran listrik bulanan Anda.
  •     Perawatannya dapat dilakukan sendiri dengan mudah tanpa biaya.
  •     Mudah untuk dipindah-pindahkan sesuai selera jika diinginkan, karena sifatnya yang portabel.
Tapi alat tetaplah alat yang memiliki kekurangan, apalagi bila dibandingkan dengan alat lainnya. Begitu juga dengan produk elektronik air conditioner dan air cooler. Kedua perangkat ini juga memiliki kekurangan. Kita mulai dari kekurangan yang dimiliki oleh air conditioner diantaranya :

  •     Harga belinya yang mahal dan bisa menguras dompet Anda.
  •     Konsumsi listriknya yang bisa mencapai 500 waat juga mengharuskan Anda bersiap dengan tagihan listrik yang besar.
  •     Tidak mudah dipindah-pindahkan seperti air cooler.
  •     Membutuhkan biaya perawatan karena tidak bisa dirawat sendiri.
  • Sedangkan untuk kekurangan yang ada pada produk air cooler antara lain :
  •     Terbilang lama atau lambat dalam mendinginkan udara bila dibandingkan dengan air conditioner.
  •     Memiliki ketergantungan pada persediaan air dingin dalam tangki untuk bisa terus digunakan.
  •     Memiliki ketergantungan juga pada penempatan di ruang terbuka dengan sirkulasi baik. Pasalnya bila ditempatkan di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk maka akan memunculkan efek buruk dari kelembaban. 

Selain mengetahui dari kelebihan dan kekurangannya, perbedaan air cooler dan air conditioner juga bisa kita telusuri dari cara atau prinsip kerjanya. Air conditioner sendiri bekerja dengan memanfaatkan beberapa senyawa seperti perfluorokarbon (FC), klorofluorkarbon (CFC) dan juga hidroklorofluorkarbon (HCFC). Jadi awalnya udara panas dari luar ruangan akan disedot oleh kipas untuk kemudian diteruskan ke kumparan yang mengantung beberapa senyawa tadi. Nah di sinilah terjadi konversi yakni proses kondensasi yang membuat udara panas berganti dingin. Sementara itu untuk cara kerja air cooler adalah dengan mengubah air dingin pada tangki menjadi uap untuk kemudian diteruskan ke ruangan hingga meningkat kelembabannya. Setelah kelembaban udara di ruangan meningkat maka sejuklah udara di ruangan tersebut.

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui sebelum membeli produk pendingin ruangan terbaik. Dengan memahami perbedaan AC dan air cooler ini memang Anda akan mendapatkan produk terbaik. Ini karena Anda akan membeli perangkat pendingin ruangan dengan pertimbangan yang tepat sesuai kebutuhan. Dengan memahami perbedaan air cooler dan air conditioner maka Anda tidak akan mengalami kerugian akibat membeli produk yang salah dan tidak sesuai kebutuhan.

0 komentar: